Selasa, 04 Desember 2007

Tentang Media Design Residency

















Sekilas Mengenai proyek yang satu ini
Kami menamainya Media Design Residency. Proyek residensi desain media. General briefnya seperti ini: pertama. merancang media-media komunikasi visual yang relevan dengan kebutuhan kampanye dan penguatan komunitas, dua; melakukan riset dan inventori data elemen komunikasi visual yang hidup di masing-masing daerah, tiga; kenowledge sharing, men-share pengetahuan dan keahlian desain ke komunitas dan penduduk lokal. Tujuan utamanya bisa dibagi menjadi dua. Pertama; agar masing-masing komunitas mempunyai infrastruktur komunikasi visual yang lebih lengkap dan kuat dalam penanganan bencana alam. Kondisi ini diharapkan dapat membantu penanganan bencana berjalan lebih lancar lagi. Kedua; agar aktifitas komunikasi visual dari penanganan bencana alam dapat dilakukan masing-masing komunitas secara mandiri dan berkelanjutan sehingga akhirnya menguatkan save culture dari masing-masing komunitas.

Secara teknis aktifitas utamanya ialah menempatkan satu team desain di empat titik rawan bencana yang sudah dikelola oleh CDASC (Children Disaster Awareness for School & Community), Padang, Bengkulu, Bantul dan Garut. Namun berhubung bahwa aktifitas ini mustahil bisa optimal tanpa suppor dan partisipasi publik diluar desain tentu, saja pada implementasinya perkara teknis tidak pernah berjalan sesederhana itu.

Ini seperti mengkombinasikan dua dunia yang telah dan sedang bekerja menurut beban dan polanya masing-masing. Aktifitas desain yang kadung tumbuh melalui pola profesionalisme ala korporat komersial, yang serba terpasti dan tersterilkan, langsung kedalam pola khas masyarakat sipil Indonesia yang sarat dengan masalah multidimensional dan banyak keterbatasan. Pengetahuan, ketrampiln dan termasuk juga infrastruktur fisik. Desainer dengan lifestle-nya yang khas bertumbukan langsung bukan hanya dengan budaya para relawan CDASC, namun juga dengan budaya daerah residensi.

Why Blogging?
Pastinya bakal banyak hal menarik yang muncul dari tumbukan-tumbukan ini. Entah itu kegelisahan personal, pengaturan operasional, lamunan, insight dan kemungkinan-kemungkinan lain yang barangkali tidak satu orangpun pernah membayangkan konstruktifitas ataupun destruktifitasnya. Untuk itulah blog dan aktifitas blogging ini diinisiasi. Untuk mendokumentasikan, mengungkap dan mendiskusikan, bukan hanya temuan masing-masing tim residen, namun juga temuan yang lahir dari hubungan diantaranya.
Pertemuan-pertemuan kegelisahan personal, perbedaan insight, dan keragaman proses dan sudut pandang, saya pribadi merasa sayang untuk membuangnya begitu saja. Mengapa tidak dikembangkan ?. Mengapa tidak diaransir ?. Barangkali tidak dengan tendensi untuk menyamakan persepsi. Barangkali tidak dengan obsesi untuk mensejarahkan sesuatu karena tentu saja butuh effort besar-besaran supaya 'sesuatu' bisa jadi 'sejarah'. Lebih sederhana dari itu, blog ini diinisiasi sebagai instrumen yang melalui setiap pihak bisa saling mengerti. Karena setiap waktu, setiap tempat, setiap komunitas, setiap budaya mempunyai masalah yang berbeda. Masing-masing membutuhkan pemahaman yang spesifik yang tanpanya desain barangkali hanya akan jadi aktifitas kosmetika saja. Memupur. Tidak benar-benar menyehatkan.

Anyway. Selamat menikmati petualangan yang 'urakan' ini. Masih banyak materi lain yang akan diposting. See You Soon...

Tidak ada komentar: